PRODUKSI

Rangkaian pertama dari seluruh rangkaian rantai makanan adalah harus terjadinya proses produksi. Untuk dapat terjadinya produksi, maka diperlukan bahan baku, peralatan produksi dan bahan bahan pendukungnya.

roti gulung coklat 17Demikian juga dengan masyarakat, bahan bahan konsumsi, bahan baku mineral maupun bahan lainnya, tentunya dibutuhkan dan harus diproduksi. Dan salah satu bahan pendukung yang penting untuk dapat terjadi produksi pada tersedianya sumber daya alam dan sumber daya manusia. Sumber daya alam, baik didalam tanah maupun diatas tanah, seharusnya dapat dikelola oleh masyarakat adat. Dan tentunya harus didukung sumber daya manusia. Tidak hanya sumber daya yang memiliki cukup baik pengetahuan formal, tetapi sumber daya manusia yang memahami akar budayanya, perkembangan pengetahuan dan teknologi dan mampu mengkombinasikannya untuk mendukung dan mencapai kesejahteraan masyarakatnya.

pa3-photo-3

Alat dan bahan produksi bisa saja sepenuhnya bersumber dari sumber daya yang kuasai oleh sekelompok masyarakat. Dan tidak menutup kemungkinan, beberapa kelompok perlu saling sinergi untuk memadukan dan mengembangkan potensi, untuk memproduksi produk berkualitas.

 

 

Tinggalkan komentar