Kebun Mandiri

Upaya masyarakat luas untuk membangun dan meningkatkan kesejahteraan dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan membangun perkebunan. Skala kecil, menengah ataupun besar.

Selama ini yang selalu jadi fokus adalah perkebunan skala besar. Baik konflik lahan, pola kelola, penggunaan pupuk, bibit bahkan diatribusi. Lebun kebun mandiri nyaris dilupakan. Senyatanya, seaungguhnya kebun kebun mandiri ini telah menghidupi, menyekolahkan dan mensejahterakan ribuan bahkan jutaan keluarga petani.

20160228_134702.jpg

Kebun karet, coklat, teh, kopi, lada dan sekarang sawit. Kebun kebun ini sangat luas, jadi gantungam hidup banyak pihal, termasuk induatri pengolahan.

Lemang Nusa akan melakukan survey perkebunan mandiri di Kabupaten Landak. Studi ini diharapkan akan memberikan gambaran luasan, kepemilikan, potensi dan hambatan untuk membangun dan mengembangkan perkebunan mandiri.

Dan selanjutnya, studi ini akan memberikan rekomendasi bagi parapihak untuk mendukung, mengiatkan dan memberdayakan petani pengelola kebun mandiri.